Sabtu, 29 Agustus 2009

Pengertian-pengertian

1. sinkretisme ; adalah upaya untuk penyesuaian pertentangan pembedaan kepercayaan.
2. karma ; adalah semua kehendak atau keinginan dengan tidak membeda-bedakan apakah kehendak atau keinginanitu baik(bermoral) atau buruk(tidak bermoral).
3. samsara ; endless lingkaran penderitaan yang disebabkan oleh kelahiran, kematian dan kebangkitan, yakni penjelmaan dalam Buddishme, Bon, Hindu, Jainisme, Sikhisme dan lainnya yang berhubungan dengan agama.
4. moksa ; adalah sebuah konsep agama Hindu Budha. artinya ialah kelepasan atau kebebasan dari ikatan duniawi dan lepas juga dari putaran reinkarnasi atau punarbawa.
5. nirwana ; adalah kulminasi pencarian umat budha terhadap kebebasan, kebahagiaan tertinggi suatu keadaan kebahagiaan yang abadi yang luar biasa.
6. reinkarnasi ; seseorang akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk lain. yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil perbuatannya terdahulu.
7. dharma ; adalah jalan kehidupan yang berlandaskan kebenaran dalam filsafat agama-agama yang berasal dari kelompok dharma.
8. artha ; adalah salah satu 4 tujuan hidup untuk mencapai popularitas yang luas dan memiliki kekayaan sosial yang berdiri.
9. kama ; keinginan,hasrat,cinta atau nafsu.
10. triwangsa ; tiga kelas sosial yang tinggi

Tidak ada komentar: